Berkah Rinjani bagi Bumdes Lentera

Desa Fotografi - Posisi Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, berada di kaki Gunung Rinjani. Desa itu pun diberkahi dengan sumber daya air yang berlimpah, yang berasal dari mata air di Gunung Rinjani. Peluang itulah yang ditangkap para pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Lendang Nangka Sejahtera (Lentera). Sejak 2008, Lentera mendirikan Perusahaan Air Minum Desa (Pamdes) Asih Tigasa.
Kaki Gunung Rinjani/Foto: MI
Sumber mata air yang berada di luar area permukiman penduduk ditampung dan dialirkan ke rumah penduduk. Jangkauannya mencapai 1,5-2 kilometer. Pengelolaannya sama seperti yang dilakukan PDAM pada umumnya, yakni menggunakan pipa ukuran strandar berikut meteran air. "Hingga saat ini, kami melayani 778 pelanggan yang tersebar di 13 dusun," ujar Ketua Bumdes Lentera, Azhari, pekan lalu.

Harga jual air bersih per meter kubik dipatok sebesar Rp200, jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga yang ditetapkan PDAM di sejumlah kota besar, yang sebagian besar mencapai lebih dari Rp1.000 per meter kubik. Hanya, warga Lendang Nangka juga dikutip biaya administrasi Rp500 dan sumbangan ke masjid sebesar Rp1.000.

"Setiap bulan, setidaknya ada dana Rp4 juta yang masuk kas perusahaan, setelah dipotong biaya operasional, honor petugas, dan biaya pemeliharaan," tambah Azhari. Pamdes juga diminta untuk meningkatkan pelayanan. Hal itu disebabkan masih ada 100 warga yang masuk daftar tunggu. "Kami sedang membangun fasilitas dari titik sumber mata air yang berbeda karena kapasitas dari sumber mata air yang pertama sudah maksimal," janji Kepala Desa Lendang Nangka, Lalu Isnaeni.

Lendang Nangka memang kaya akan sumber mata air. Saat ini, pihaknya tengah membangun fasilitas dengan memanfaatkan sumber mata air Tojang yang memiliki kapasitas 80-90 liter per detik. "Airnya bisa memasok warga di enam kecamatan," tandas Isnaeni. Ia mengakui Pamdes Asih Tigasa sangat potensial sebagai salah satu sumber pendapatan desa.[Sumber: mediaindonesia.com]
Share on Google Plus

Desa Fotografi

Terima kasih atas minat Anda Menatap Desa melalui Desa Fotografi. Silahkan kirim pertanyaan/kritik/sanggahan/sponsorship/donasi atau bahkan ingin berbagi foto Desa Anda. Sampaikan melalui email: menatapdesa@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar