Sabang Kilometer Nol Indonesia

Tugu Kilometer Nol Indonesia yang terletak di Pulau Weh Sabang merupakan awal perhitungan jarak Nusantara dari Sabang sampai Merauke, Tugu ini memiliki daya tarik bagi kunjungan wisatawan lokal maupun manca negara.

Saat ini tugu tersebut sedang direnovasi dengan desain yang lebih menarik, diantaranya dibangun dalam bentuk empat pilar sebagai penyokong tugu adalah semboyan dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote yang merupakan batas kedaulatan Indonesia.


Selain berbentuk empat pilar, tugu ini juga memiliki bentuk lingkaran di bagian tengah yang merupakan anologi dari angka nol. Bentuk senjata rencong juga dirancang pada bangunan tugu ini sebagai bukti bahwa rakyat Aceh pernah memperjuangkan NKRI.

Disamping itu, pada bangunan ini juga terdapat ornamen segi delapan yang menunjukan landasan pengembangan ajaran Islam, kebudayaan Aceh dan Nusantara dalam lingkup yang luas ke delapan penjuru mata angin. Bangunan ini juga mengadopsi bungong Jeumpa (bunga khas Aceh) yang menjelaskan bahwa sebagai manusia yang dilahirkan sempurna, memiliki kecantikan atau ketampanan, harus bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Tugu Kilometer Nol Indonesia dibangun dengan ketinggian mencapai 45 meter ini diperkirakan akan rampung pada akhir 2015 nanti, disamping itu juga telah dibangun fasilitas umum disekitar tugu, seperti mesjid, dan fasilitas toilet yang memadai.

Untuk mencapai ke tugu Kilometer Nol Indonesia, harus menempuh jarak sekitar 28 km dari pusat Kota Sabang dengan kisaran waktu lebih kurang sekitar 50-60 menit perjalanan.



Dalam perjalanan ke tugu kilometer nol, Anda akan melewati beberapa tempat wisata terkenal seperti Pantai Gapang dan Iboh. (RRI/Admin) 

Foto: sumadi arsyah
Share on Google Plus

Desa Fotografi

Terima kasih atas minat Anda Menatap Desa melalui Desa Fotografi. Silahkan kirim pertanyaan/kritik/sanggahan/sponsorship/donasi atau bahkan ingin berbagi foto Desa Anda. Sampaikan melalui email: menatapdesa@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar