Pengguna Internet Indonesia Tembus 132 Juta



Penetrasi internet di Indonesia terus meningkat. Hingga tahun ini saja, lebih dari setengah penduduk sudah mencicipi jaringan internet.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei internet 2016 yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Dalam survei tersebut diketahui jumlah total pengguna internet Indonesia telah mencapai 132,7 juta.

"Naik 51,8% dari tahun 2014," kata Jamalul Izza, Ketua Umum APJII saat mengumumkan hasil survei di The Hook Cafe, Jakarta, Senin (24/10/2016).

Peningkatan tersebut didorong sejumlah faktor. Pertama, infrastruktur yang meningkat dan merata. Kedua, ketersediaan perangkat mobile kian banyak dan terjangkau.

"Kalau dulu hanya beberapa vendor dan perangkat. Sekarang jumlah banyak dan murah," kata pria yang kerap disapa Jamal itu.

Ia pun yakin ke depannya jumlah pengguna internet Indonesia bakal terus meroket. Terlebih saat proyek Palapa Ring kelar dibangun pada tahun 2019 mendatang.

Bicara survei ini sendiri, APJII berkolaborasi dengan Lembaga Polling Indonesia (LPI). Proses survei dilakukan melalui tatap muka dengan metode multistep random sampling, dimana artinya dilakukan secara bertahap.

Survei pertama melihat penetrasi pada 1.250 sampel. Periodenya dari 1-11 Juni 2016. Hasil survei ini kemudian dipakai untuk kerangka pada proses selanjutnya.

Adapun survei berikutnya melihat perilaku pengguna. Pengambilan sampelnya secara random pada 2.000 yang disesuaikan dengan persentasi jumlah penduduk di suatu daerah.

"Jadi kalau provinsi di Jawa, kebetulan populasinya besar, jadi sampai yang diambil lebih banyak. Berbeda dengan daerah di Kalimantan atau Maluku," jelas Yonda Nurtakwa, Analis LPI.[sumber: detik]
Share on Google Plus

Desa Fotografi

Terima kasih atas minat Anda Menatap Desa melalui Desa Fotografi. Silahkan kirim pertanyaan/kritik/sanggahan/sponsorship/donasi atau bahkan ingin berbagi foto Desa Anda. Sampaikan melalui email: menatapdesa@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar