Tempat-tempat Hotspot Wi-Fi Teraneh di Dunia

Keinginan kita untuk selalu terhubung dengan internet telah menghasilkan beberapa tempat teraneh di dunia dilengkapi dengan hotspot Wi-Fi. Saat ini, bukanlah hal mustahil untuk memperbarui status akun media sosial Anda dari dalam kereta bawah tanah, dari pemakaman, dan bahkan dari Kutub Utara.

Berikut 15 tempat Hostpot Wi-Fi Teraneh di dunia, seperti dilansir dari msn.com, yang tidak pernah Anda duga ada di dunia!
© RODRIGO GARRIDO/REUTERS
1. DI BULAN
Para ilmuwan NASA dan MIT telah bisa memancarkan sinyal Wi-Fi ke arah bulan, meliputi jarak sejauh 384,472 km (atau setara dengan 238,900 mil). Mereka mampu mengirimkan data dari Bumi ke Bulan dengan kecepatan 19.44 mbps dan bahkan mampu mengunduh informasi dari bulan dengan kecepatan 622 mbps.

2. DI ATAS PESAWAT LUAR ANGKASA VIRGIN GALACTIC SPACESHIP TWO
Para penumpang yang menaiki pesawat luar angkasa Virgin Galactic SpaceShip Two dapat menikmati koneksi internet yang berasa dari hotspot Wi-Fi yang dipasang dalam pesawat tersebut.

3. (NYARIS) PADA PUNCAK GUNUNG EVEREST
Gunung Everest, memiliki puncak tertinggi di dunia dan salah satu dari lahan terbuka yang tidak dapat dihuni itu kini telah dilengkapi dengan hotspot Wi-Fi. Pada base camp terakhir, sebelum para pendaki memulai perjalanan mereka menuju puncak gunung, ada sebuah stasiun 3G baru yang dipasang oleh Ncell.

4. (NYARIS) PADA KUTUB UTARA
Dua karyawan dari Intell Rusia mendirikan hotspot Wi-Fi sekitar 130 km (atau setara dengan 80 mil) dari Kutub Utara pada tahun 2005. Mesin ini diletakkan di Wilayah Arktik di pangkalan Barneo Ice, dan mampu bertahan dalam suhu ekstrim hingga -30 derajat Celcius (-22 Fahrenheit). Mesin ini berupa 4 laptop dan sebuah komputer yang terhubung dengan telepon satelit untuk dapat menyediakan koneksi data yang mumpuni.

5. DI DALAM BIS PENUMPANG
Saat ini keberadaan hotspot Wi-Fi dalam kendaraan transportasi publik semakin menjadi hal yang biasa ditemukan. Setelah menyediakan koneksi nirkabel di dalam kereta bawah tanah, penumpang bis sebentar lagi dapat menikmati koneksi internet via router Wi-Fi. Saat ini, beberapa layanan jasa bis di AS dan Inggris Raya sudah menawarkan penumpang mereka dengan fasilitas Wi-Fi.

6. DI PANTAI-PANTAI
Beberapa pantai tertentu di dunia menyediakan fasilitas akses Wi-Fi sehingga Anda tidak perlu lagi mengandalkan penyedia jaringan ponsel untuk mengunggah swafoto ke akun media sosial Anda. Pantai Waikiki di Hawai, Pantai Brighton di Inggris, dan Pantai Palm Barat di Florida, AS adalah pantai-pantai yang menyediakan fasilitas tersebut.


7. DI DALAM SUPERMARKET WHOLE FOODS
Pada tahun 2009, supermarket waralaba Amerika, Whole Foods, mengumumkan bahwa para pelanggan yang mengunjungi supermarket ini dapat menikmati koneksi internet yang disediakan selagi para pelanggan berbelanja.

8. SAAT MENGENDARAI KELEDAI
Berpikir akan terhubung ke internet selama perjalanan mengendarai keledai di Kfar Kedem, Israel, rasanya bukan suatu yang terbayangkan. Tapi itulah yang akan Anda dapatkan bila mengunjungi taman rekreasi di wilayah tersebut. Para keledai dilengkapi dengan tas kecil yang dikalungkan ke leher mereka dan tas tersebut berisikan router, yang membantu para pengunjung untuk tetap terhubung dengan internet selama perjalanan berlangsung.

9. DI PELABUHAN KAPAL PESIAR (MARINA)
Sejumlah besar pelabuhan kapal pesiar (marina) dilengkapi dengan hotspot Wi-Fi, termasuk diantaranya adalah Marina Westhaven di Auckland yang merupakan marina dengan zona Wi-Fi terbesar di belahan bumi bagian Selatan.

10. DI PUNCAK GUNUNG FUJI
Mendaki Gunung Fuji di Jepang bukanlah hal mudah, namun mengirimkan swafoto ke belahan dunia lain pada ketinggian 3,776.24 m (atau setara dengan 12,389 kaki) dari gunung ini adalah hal mudah. Ini berkat adanya hotspot Wi-Fi yang diletakkan pada 8 lokasi setelah banyaknya permintaan dari turis Amerika dan Eropa. Layanan Wi-Fi tersedia pada bulan Juli sampai dengan September.

11. DI DALAM TAMAN-TAMAN NASIONAL CANADA
Lusinan zona kehidupan liar Canada menawarkan pengunjung fasilitas untuk tetap terhubung ke internet. Pada akhir 2014, pemerintah Canada melengkapi 50 lokasi dengan hotspot Wi-Fi dan berencana untuk memasangnya pada 150 lokasi lainnya dalam tiga tahun mendatang.

12. DI DALAM BILIK TELEPON
Pada 2007, 200 bilik telepon koin di Moskow, Rusia, telah dilengkapi dengan Wi-Fi melalui jaringan Comstar. Hal ini memberikan kemudahan bagi masyarakat di sekitar bilik telepon untuk terhubung ke internet melalui kartu pra-bayar, otorisasi SMS, dan kartu telepon MGTS. Peluncuran proyek terobosan ini dinyatakan sukses dan proyek ini pun direplikasi oleh banyak kota seperti, London, Amsterdam, Dublin, Berlin, dan New York.

13. DALAM KERETA BAWAH TANAH
Pada 2007, masyarakat Buenos Aries di Argentina dapat terhubung ke internet saat sedang berada di dalam jaringan kereta bawah tanah kota tersebut. Sinyal tersedia berkat penggunaan kabel fiber optik yang diletakkan sepanjang jalur kereta yang kemudian ditransmisi via perangkat Wi-Fi yang disediakan oleh Cisco Systems. Ide brilian ini kemudian direplikasi oleh sistem kereta bawah tanah dunia lainnya, termasuk diantaranya, Boston, Hong Kong, dan Kota New York.

14. DALAM PEMAKAMAN
Pengunjung pemakaman terbesar di Manila, Manila South Cemetery, akan disambut di gerbang pemakaman dengan suatu lokasi yang ditempati oleh 3 laptop dengan penjagaan staf. Laptop-laptop ini merupakan bagian dari layanan Wi-Fi gratis yang tersedia dalam lahan pemakaman seluas 25 hektar ini. Lahan pemakaman ini bahkan mulai menyediakan layanan bank data untuk memudahkan para pengunjung melacak lokasi makam keluarga tercinta.

15. DI SEBUAH DESA INDIA TERPENCIL
Di sebuah desa terpencil di Uttar Pradesh, Sarohan, wilayah Indian Utara, telah berhasil menghubungkan 2000 masyarakatnya via hotspot nirkabel. Yang menarik, para penduduk desa mendapatkan sinyal internet secara nirkabel via frekuensi radio, yang kemudian ditangkap oleh telepon dan laptop.

Jika Anda masih penasaran. Untuk melihat beberapa lokasi hotspot Wi-Fi yang tidak pernah Anda duga ada! Klik disini.
Share on Google Plus

Desa Fotografi

Terima kasih atas minat Anda Menatap Desa melalui Desa Fotografi. Silahkan kirim pertanyaan/kritik/sanggahan/sponsorship/donasi atau bahkan ingin berbagi foto Desa Anda. Sampaikan melalui email: menatapdesa@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar