Indahnya Kota 18 Desa

Pulau Weh, dengan ibukota Sabang merupakan bagian dari kepulauan Indonesia. Weh adalah pulau kecil yang indah yang terletak di ujung barat pulau Sumatera. 

Luas Sabang sekitar 153 km² terbagi dalam dua kecamatan dan 18 gampong dengan topografi dataran rendah, tanah bergelombang, berbukit, bergunung, dan batu-batu di sepanjang pantai.

Pantai di sekitar pulau Weh begitu menakjubkan, dihiasi dengan barisan apik pohon tinggi serta pemandangan laut yang jernih mengelilingi pulau dengan taman karang yang memukau.

Ada banyak lokasi tepi laut yang indah dan menarik untuk disinggahi di kota 18 gampong, seperti Iboih, Kincir, Gapang, Pantai Kasih, Paradiso, Sumur Tiga, Jaboi, Pasir Putih, dan Anoi Itam.

Keunikan Sabang sehingga menjadikan kawasan ini sebagai daerah tujuan wisata Bahari dunia, dengan kekayaan alam bawah laut yang beragam jenis binatang dan tumbuhan laut. 

Sabang bukan sekedar kota wisata bahari, bahkan lebih dari itu. Wisata Sabang menawarkan banyak kegiatan menarik untuk para pelancong, mulai dari wisata alam sampai kuliner.

Jarak Sabang dengan Banda Aceh hanya 15 kilometer, dapat ditempuh dalam waktu 45 menit dengan Ferry Cepat (FC) atau 1,5 jam perjalanan laut dengan Ferry Lambat (FL) dari Pelabuhan Ulee Lheue ke Pelabuhan Balohan di Sabang.

Kota Sabang memiliki dua kecamatan yakni kecamatan Sukakarya dan Sukajaya.

Kecamatan Sukakarya memiliki 8 gampong meliputi; Gampong Kuta Ateuh, Gampong Kuta Barat, Gampong Kuta Timu, Gampong Aneuk Laot, Gampong Krueng Raya, Gampong Paya Seunara, Gampong Batee Shok, dan Gampong Iboih.

Kecamatan Sukajaya memiliki 10 gampong meliputi; Gampong Balohan, Gampong Jaboi, Gampong Beurawang, Gampong Keuneukai, Gampong Paya, Gampong Cot Abeuk, Gampong Cot Ba'U, Gampong Ie Meulee, Gampong Ujong Kareung dan Gampong Anoi Itam.

Indahnya Kota 18 Desa, Kota Nol Kilometer Indonesia.
Share on Google Plus

Desa Fotografi

Terima kasih atas minat Anda Menatap Desa melalui Desa Fotografi. Silahkan kirim pertanyaan/kritik/sanggahan/sponsorship/donasi atau bahkan ingin berbagi foto Desa Anda. Sampaikan melalui email: menatapdesa@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar